Pentingnya CVE (Common Vulnerabilities and Exposures) di Cybersecurity

21 February 2023 Wellium

Pentingnya CVE (Common Vulnerabilities and Exposures) di Cybersecurity

Common Vulnerabilities and Exposures atau yang disingkat CVE adalah informasi berisi data kelemahan keamanan komputer yang diungkapkan ke publik dan telah diberi nomor ID. CVE membantu profesional IT dalam mengoordinasikan upaya mereka untuk memprioritaskan dan mengatasi kerentanan ini guna meningkatkan keamanan sistem komputer.

Bagaimana Cara Kerja Common Vulnerabilities and Exposures ?

Sistem CVE bekerja dengan metode standar untuk mengidentifikasi kelemahan dan kerentanan pada komputer. Selanjutnya sistem ini akan melakukan perbandingan alat & layanan keamanan yang dihubungkan dengan database kerentanan. ID CVE standar akan memungkinkan administrator keamanan mendapatkan akses informasi tentang ancaman tertentu. Daftar CVE berisi nomor pengidentifikasian standar & indikator status untuk kerentanan, deskripsi singkat, referensi saran & laporan. Detail data dapat ditemukan di database National Vulnerability Database (NVD) dan CERT/CC Vulnerability Notes Database (VND).

Fungsi Common Vulnerabilities and Exposures Dalam Mitigasi Ancaman

Bahasa Umum

CVE berfungsi untuk menyediakan bahasa umum yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di antara berbagai stakeholders. Dengan memahami peran CVE dan event log, Anda dapat mengelola risiko dan melindungi sistem dari berbagai serangan jahat.

Patching

Untuk mengurangi risiko eksploitasi, CVE harus ditambal sesegera mungkin namun menambal bisa jadi sulit karena sering kali memerlukan jeda dan dapat mengganggu operasi bisnis.

Memahami dan mempelajari CVE sangatlah berguna dalam mitigasi ancaman, namun jika perusahaan Anda tidak segera melakukan penyembuhan sistem, maka serangan masih bisa datang.

Solusi VOAR Mendukung Common Vulnerabilities and Exposures Lebih Baik

Aplikas Servis Pesona bersama dengan Hackuity menyediakan solusi VOAR (Vulnerability Orchestration Automation and Response) yang membantu CVE berjalan dengan lancar tanpa kendala. Berikut adalah beberapa manfaat dari solusi VOAR yang mendukung CVE, diantaranya:

Centralized

Melacak kerentanan dalam data dari berbagai sumber, seperti alat, uji penetrasi, dan audit yang ada di seluruh perusahaan.

Agnostic

Penggabungan beberapa tools dengan satu format data dan kokpit yang terpusat, untuk memahami secara akurat risiko yang mengancam perusahaan.

Enriched

Sumber IT yang terintegrasi untuk peningkatan data berkelanjutan, untuk menghindari risiko yang sama datang mengancam keamanan data.

CVE menunjang tim IT perusahaan dalam membuat rencana dan prioritas untuk menangani berbagai kerentanan yang terjadi pada sistem. Solusi VOAR yang disediakan Aplikas Servis Pesona bersama Hackuity membantu CVE berjalan dengan lebih baik.

Hubungi marketing@phintraco.com jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait Common Vulnerabilities and Exposures.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *